CONTOH PIDATO PENGARUH TELEVISI TERHADAP SISWA
Assalamualaikum wr wb, Bapak/ ibu guru beserta rekan-rekan yang saya
hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada
tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada
kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan
banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya
untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Televisi
Terhadap Siswa”. Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan
batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni
diantaranya ; pengaruh televisi dari segi positif dan negatif.
Bila kita melihat secara umum pengaruh televisi terhadap siswa memang
tanpak sangat berguna dan bermakna karena media televisi ini merupakan
sarana penyampaian informasi yang paling efektif dan efisien, efektif
dari segi penyampaian informasi dan efisien dari segi harga untuk
memperoleh informasi tersebut. Dengan media televisi wawasan dan ilmu
pengetahuan seorang siswa dapat berkembang dengan pesat sejalan dengan
perkembangan teknologi yang ada. Banyak hal positif yang dapat diambil
dari adanya media televisi ini yakni diantaranya seperti, informasi
mengenai berita terkini, ilmu pengetahuan umum, Entertainmen/ hiburan,
dan lain sebagainya.
Seorang siswa hendaknya selalu mengetahui informasi terkini yang terjadi
didunia guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dari siswa itu
sendiri, yang dapat ia gunakan untuk mengembangkan dirinya dimasa yang
akan datang, karena dengan informasi manusia dapat menjadi lebih baik
dari sebelumnya, sedangkan untuk bidang entertainment/ hiburan, hal ini
tentu saja berfungsi untuk mengurangi rasa penat atau rasa bosan pada
setiap siswa didalam masa remajanya atau dalam masa-masa belajarnya,
mengapa demikian? Karena setiap siswa yang sedang berkembang akan
mengalami satu hal yang namanya ”bosan” dan hal ini perlu dicegah dengan
kegiatan yang sifatnya menghibur/ refleksi yang dapat membuatnya selalu
”Fresh” dan berfikir positif, sehingga menjadikan ia selalu aktif dan
kreatif.
Selain dari wawasan dan ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh siswa dari
media televisi, keakraban antar keluarga akan tercipta sehingga membuat
siswa merasa nyaman berada diantara keluarganya, karena keluarga juga
merupakan salah satu faktor utama penentu keberhasilan diri seorang
siswa, selain hal itu orang tua juga dapat mendidik anak-anaknya dengan
lebih mudah melalui media televisi dan orang tua tersebut lebih mudah
memberikan pengarahan terhadap anak sehingga anak akan merasa tidak
terbebani untuk memahami apa yang diinginkan oleh orangtuanya. Hal-hal
tersebut merupakan salah satu yang dapat kita rasakan/ lihat dari segi
positif dampak televisi terhadap siswa, tetapi selain itu banyak hal-hal
negative yang dapat terjadi jika siswa telah terpengaruh oleh televisi,
diantaranya adalah malas, mencontoh hal-hal yang tidak baik/ negatif
seperti cara bergaul, berbicara, berpenampilan, serta pribadinya.
Malas adalah hal yang paling sering terjadi jika seorang siswa sudah
terpengaruh oleh asyiknya menonton televisi sehingga melupakan
belajarnya, dan hal ini merupakan hal yang sangat merugikan bagi siswa
itu sendiri karena dengan bermalas-malasan dia tidak akan mendapatkan
apa-apa dan apa yang ia cita-citakan dalam hidupnya, maka dari itu
alangkah baiknya orang tua membatasi waktu menonton televisi dan
menyaring tayangan yang sesuai dengan kebutuhan sang anak, selain malas
pengaruh buruk televisi terhadap tingkah laku anak yakni mencontoh hal
yang tidak seharusnya di contoh, misalkan anak usia dibawah lima tahun
menonton tayangan televisi untuk orang dewasa, tentu hal ini sangat
”berbahaya” karena anak bisa dewasa sebelum dewasa, maksudnya adalah
tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang dewasa tidak seharusnya
dicontoh oleh anak kecil, seperti Kekerasan, gaya hidup seperti
berpenampilan, bergaul, dan gaya-gaya berbicara yang tidak sesuai dengan
kaidah bahasa yang baik, dan lain sebagainya. Hal ini juga memerlukan
kontrol dari orang tua untuk tayangan yang sifatnya dewasa seperti itu.
Jika hal negativ tersebut sudah terjadi maka selanjutnya dapat kita
lihat kepribadian dari siswa itu sendiri akan berubah dan ”Kemungkinan”
merugikan bagi semua pihak termasuk dirinya sendiri.
Kesimpulannya bahwa, setiap hal yang ada didunia ini pasti memiliki
aturan dan pandangan yang berbeda yakni, baik dan buruk, begitupun
dengan media televisi, yang selayaknya digunakan untuk hal yang baik
tetapi tetap saja memiliki dampak yang tidak baik bagi sebagian orang
dan atau fungsinya. Maka dari itu peranan orang tua untuk mendidik anak
(siswa) sangatlah penting serta kesadaran dari siswa itu sendiri
haruslah tinggi dan bertanggung jawab atas apa yang hendak ia lakukan
dengan bimbingan dari guru dan kegiatan-kegiatan positif yang dia
lakukan selama dia berada dilingkungan sekolah.
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.
CONTOH PIDATO PENGARUH INTERNET TERHADAP REMAJA
Assalamualaikum wr wb, Bapak/ ibu guru beserta rekan-rekan yang saya
hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada
tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada
kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan
banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya
untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Internet
Terhadap Remaja”.
Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah
yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ;
pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan dari
segi negative.
Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para
remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi,
mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada,
dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet,
internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada,
atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah Warung yang
menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan “Warnet”, Dunia
Informasi Tanpa Batas, begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri
tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya,
dengan adanya Internet, Akses atau jalan terhadap penyampaian
Informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya
seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.
Banyak Ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai
apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya
dengan Siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena
siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan,
internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan
dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri
bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan
fasilitas internet sebagai sarana untuk Kriminalitas atau Asusila, siswa
yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk
mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh,
atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat
mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa
terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran
disekolah.
Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya
segelintir siswa-siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena
kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya,
namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari
atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang
ia terima disekolah, hal tersebut memungkinkan siswa menjadi lebih
kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu
pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam
didepan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.
Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus
berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda),
remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia
akan mengikuti hal yang paling dominant yang berada didekatnya jadi
kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja
akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau
negative tergantung dari mana di memulai.
Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap
terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih
mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih
daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki
kecenderungan pada hal yang negative justru sebaliknya, dia akan nampak
pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari
internet tersebut.
Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan
fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan
diri dan pribadi kita, dan selaku remaja kita semua harus dapat
menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena
dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar